Selasa, 03 Januari 2012

Kondisi Geografis Sukoharjo

Sukoharjo adalah nama sebuah kabupaten di Jawa tengah. Letaknya dibagian tenggara propinsi Jawa Tengah. Mungkin tidak banyak yang mengenal kabupaten ini karena memang notabene Sukoharjo merupakan kabupaten terkecil di Jawa Tengah, dengan luas wilayah kurang lebih 46.666 km2. Secara geografis terletak terletak diantara Bagian ujung timur 110. 57O LS, Bagian Ujung Sebelah Barat 110 42O LS, Bagian Ujung Sebelah Utara 7 32O BT, Bagian Ujung Sebelah Utara 7 49O 32.00O BT. Batas-batas daerahnya adalah sebagai berikut:

Timur     : Kabupaten Karanganyar
Selatan  : Kabupaten Gunung Kidul (DIY) dan    Kabupaten Wonogiri
Barat     : Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Klaten
Utara     : Kota Surakarta dan Kabupaten Karanganyar
Secara topografi wilayahnya terdiri atas daerah dataran rendah dan perbukitan. Oleh karena keadaan alam yang seperti itu, daerah Sukoharjo cocok digunakan untuk pertanian.  Pertanian yang diusahakan oleh penduduk adalah pertanian sawah (padi, paling dominan), pertanian tegal, kebun dan pertanian di daerah perbukitan. Sebaran penggunaan lahan adalah sebesar 45,26% untuk pertanian dan 54,74% untuk non-pertanian. 
Salah satu faktor yang mendukung pertanian di daearah ini adalah adanya aliran sungai Bengawan Solo yang menjadi sumber pengairan sawah-sawah peduduk. Namun di sisi lain, aliran sungai yang besar tersebut membawa dampak yang negatif juga terhadap beberapa daerah di Sukoharjo. Sebagai daerah aliran sungai besar, dengan sendirinya merupakan daerah limpahan debit air dari sungai yang melintas dan sering mengakibatkan terjadinya banjir pada musim penghujan.
Iklim di Sukoharjo sama halnya dengan iklim di daerah tropis yang mengenal dua musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Musim kemarau terjadi antara bulan April sampai September, sementara musim penghujan terjadi antara bulan Oktober sampai Maret. Curah hujan tahunan rata-rata sebesar 2.790 mm. Temperatur udara berkisar antara 230C sampai dengan 430C, dengan kelembaban udara tahunan rata-rata 77%. 

Sumber: www.sukoharjo.go.id

1 komentar:

  1. The Rooftop Casino in Kingston, MA - DrMCD
    Rooftop 경기도 출장안마 is the second location to 광명 출장마사지 go under the same 하남 출장마사지 roof. It was originally called Rooftop at 인천광역 출장안마 Kingston, but later changed 서산 출장샵 its name to Rooftop.

    BalasHapus